Sunday, April 03, 2011

Cara Praktis Hemat Listrik

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik, tanpa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Berikut ini kami paparkan, apa yang harus Anda kerjakan untuk menggurangi tagihan listrik Anda.

1. Memakai lampu hemat energi
Bohlam hemat energi berdaya 23 watt setara dengan lampu pijar 60–100 watt. Bohlam hemat energi juga membuat ruang lebih nyaman. Matikan bohlam bila tidak diperlukan. Nyalakan hanya bila dibutuhkan. Untuk itu rancang instalasi listrik dengan benar dan rapi sesuai daya listrik, dan tentukan titik-titik lampu menurut fungsi ruang.

2. Memilih barang elektronik yang tepat
Memilih barang elektronik yang sesuai kebutuhan akan menghemat daya listrik. Misalnya pompa air. Kedalaman sumur di rumah hanya tujuh meter tapi Anda memakai pompa semi jetpam yang mempunyai daya sedot hingga 11 meter dengan daya listrik 150 watt. Ini merupakan pemborosan karena sebenarnya yang dibutuhkan hanya pompa sumur dangkal yang memiliki daya sedot hingga sembilan meter dengan daya listrik 100–125 watt.

Biasanya kebutuhan listrik pompa saat tarikan pertama lebih besar ketimbang daya tertulis. Jadi, bila daya pompa tertulis 150 watt, berarti tarikan pertamanya 300 watt. Setelah sekitar 10 menit baru stabil di angka 150 watt.

3. Memakai barang elektronik secara disiplin
Nyalakan lampu dan TV hanya saat diperlukan. Atau, hidupkan pompa air hanya dua kali sehari; pagi dan sore hari. Untuk itu sediakan menara penampung air sehingga pompa tidak harus dihidupkan setiap kali butuh air.

4. Memakai barang elektronik secara efisien
Suhu lemari es misalnya, tidak perlu terlalu dingin, karena makin dingin makin tinggi konsumsi listriknya. Lemari es menyerap hampir 15 persen konsumsi listrik di rumah karena dihidupkan sepanjang hari. Begitu pula AC yang kebutuhan listriknya sangat besar. Pemakaian barang elektronik pun sebaiknya dilakukan bergantian. Bila hendak menghidupkan mesin cuci, sementara kulkas menyala, sebaiknya setrika atau pompa air tidak dipakai dulu. Untuk itu kenali kebutuhan listrik setiap peralatan listrik berikut cara pemakaiannya yang benar.

5. Membuat desain rumah yang hemat energi
Mendesain rumah dengan banyak bukaan, ruang terbuka hijau, dan pohon peneduh, akan menghemat pemakaian listrik, karena siang hari tak perlu menghidupkan lampu dan AC.

Memilih warna cat yang mampu merefleksikan cahaya secara maksimal, seperti putih dan krem, juga membantu mengefisienkan pemakaian listrik. Untuk ruang berwarna gelap, kita harus memakai bohlam 100 watt Tapi, bila catnya putih cukup 25 watt. Jadi, menghemat 75 watt. Itu baru dari satu titik lampu. Kalau rumah punya empat kamar, sudah 300 watt yang bisa dihemat.

Upayakan menempatkan ruang-ruang seperti kamar tidur dan ruang keluarga di bagian timur agar tidak terkena matahari sore, sehingga pemakaian AC bisa diirit. Bila posisi ruang-ruang itu harus di barat, tanam pohon peneduh untuk melindunginya dari matahari sore

0 komentar:

Post a Comment