Sunday, April 03, 2011

Manfaatkan Rumah Sebagai Sumber Penghasilan

Rumah Anda adalah aset. Banyak orang berpikir, mendapatkan uang tambahan sekarang ini hanya mungkin jika mereka punya pekerjaan tambahan. Padahal, setiap sudut ruangan dalam rumah sebenarnya dapat mendatangkan uang. Anda tidak perlu punya pekerjaan dobel. Renovate a bit, and let the room work some money for you! Caranya, ruangan di rumah Anda dapat disewakan sebagai kamar kos atau rumah kontrakan.
kosan
Coba saja perhatikan jumlah ruangan di rumah Anda. Jika rumah Anda besar, apakah ada ruangan atau kamar yang tidak difungsikan secara maksimal? Apakah kamar tersebut bisa dijadikan kamar kos? Lihat juga garasi Anda. Beberapa keluarga memilih untuk tinggal di rumah dengan garasi atau halaman yang luas, padahal mereka tak punya mobil atau motor. Garasi pun dapat diubah menjadi kamar kos yang nyaman, atau difungsikan sebagai warung tempat jualan.

Ini sangat menguntungkan, terutama jika lokasi rumah Anda dekat dengan kawasan perkantoran. Karyawan kantor yang rumahnya jauh, biasanya mencari tempat tinggal yang dekat dengan lokasi kerjanya. Peluang ini bisa Anda manfaatkan.

Orang yang tinggal di kos-kosan atau kontrakan, biasanya menginginkan privasi. Mereka ingin tinggal di ruangan atau kamar yang semi terpisah dari bangunan utama pemilik kos. Untuk memenuhi keinginan ini, Anda dapat memanfaatkan ruangan pada garasi yang langsung tembus ke halaman dan pagar, atau lantai dua rumah Anda. Untuk pilihan pertama, Anda dapat memisahkan pintu gerbang atau halaman menjadi dua bagian, halaman untuk rumah Anda sendiri, dan satu lagi untuk penghuni kos. Cara ini akan
memudahkan akses keluar masuk si penghuni kamar kos. Sedangkan untuk pilihan ke dua, Anda dapat memasang tangga di pekarangan, yang dapat langsung menghubungkan pintu gerbang dengan kamar kos di lantai dua. Dengan cara ini, penghuni kos-kosan akan merasa seperti tinggal di rumah sendiri, dan Anda juga jadi tidak terganggu dengan aktivitas mereka.

Namun, semakin fungsional ruangan di rumah Anda, maka semakin diperlukan kejelian untuk menata interiornya. Apalagi jika ruangan yang ada ukurannya terbatas. Penataan yang seadanya tidak akan menghasilkan pemasukan memadai. Pintar-pintarlah mengatur fungsi ruang demi kenyamanan dan keuntungan Anda sendiri dan para calon penghuni kamar kos. (*/Nilam/dari berbagai sumber)

0 komentar:

Post a Comment