Sunday, April 03, 2011

Aplikasi Unik Keramik Mozaik

Apakah Anda pernah mempertimbangkan penggunaan keramik mozaik di rumah Anda? Kalau belum alternatif satu ini patut dicoba. Keramik berukuran kecil ini ukuran paling kecilnya 18 x 18 mm hingga 85 x 85 mm. Keramik jenis ini terdiri atas berbagai warna, bentuk, dan motif yang menarik. Ada sekitar 500 variasi warna. Bentuknya pun beragam, ada yang kotak-kotak, segi enam, bulat, dan segi panjang, dengan motif kembang, dekoratif, atau acak. Keramik mosaik cocok dipakai sebagai penghias ruang makan, pelapis meja atau back panel dapur, border pada dinding, aksesoris lantai, selasar taman, pelapis kolam renang, kamar mandi, dan lain sebagainya.

Keramik mozaik memiliki banyak kelebihan. Kadar serap airnya yang sangat rendah membuatnya awet terpasang, tidak mudah lepas, dan tahan perubahan cuaca.

Dibandingkan keramik biasa, warna mozaik juga lebih mengkilat dan tidak mudah pudar. Antarsatu keping dengan keping lainnya tidak ada yang sama,
sehingga setelah dipasang akan memberikan gradasi warna yang indah dan tidak membosankan. Kelebihan lainnya, ia memiliki kelenturan atau daya
tekan yang sangat baik, serta tahan terhadap gesekan.

Untuk memudahkan pemasangan, antarkeping mozaik harus dilekatkan pada jejaring yang terbuat dari bahan nilon membentuk satu lembaran seluas 0,1 meter persegi. Setiap satu meter persegi berisi 10 lembar.

Berikut ini adalah cara memasang keramik mozaik.
• Lantai atau dinding diflor rata (tidak boleh bergelombang).
• Oleskan semen aditif secara merata dengan ketebalan 1–2 mm.
• Letakkan keramik mozaik yang sudah dalam bentuk lembaran di atas olesan semen aditif.
• Biarkan selama satu hari, lalu antarkeping mozaik isi dengan nat.
• Pengisian nat tidak perlu sampai rata ke permukaan mozaik, karena nat yang cekung akan memperindah tampilan mozaik. Cara ini juga bertujuan agar permukaannya tidak licin.
• Untuk merapikan pemasangan, beberapa jam setelah pengisian nat, bersihkan mosaik dengan sikat yang serabutnya terbuat dari bahan nilon.
Sumber : http://www.ciputraentrepreneurship.com

0 komentar:

Post a Comment