Friday, June 10, 2011

Beberapa tips jitu menjaga keindahan eksterior rumah Anda

Kecantikan sebuah rumah dimulai dari tampilan eksterior yang indah. Taman dengan rumput yang terawat dan rapi, cat tembok yang merata dan warna – warna yang menarik serta aksesori dekorasi lainnya tertata serta terawat. Banyak orang yang mengira bahwa untuk mencapai itu semua merupakan hal yang sulit, padahal dengan beberapa langkah sederhana maka Anda dapat membuat keseluruhan tampilan tempat tinggal Anda jadi semakin menarik. Berikut ini beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan sebuah hunian yang menarik dan indah sepanjang tahun.

Perhatikanlah detil – detil pada taman Anda. Pilihlah tanaman – tanaman yang bervariasi dengan warna – warni bunga yang akan membuat taman terlihat lebih hidup dan cantik. Tanaman bunga seperti anyelir merah, lili oranye, kembang sepatu berwarna merah muda atau ungu, dan mawar kuning merupakan beberapa contoh tanaman bunga yang cukup menarik. Selain pemilihan jenis tanaman, aksesori percantikan seperti pilihan pot dan patung penghias di taman juga sangat berpengaruh. Anda dapat mencoba mencari pot – pot dari tanah liat atau justru dari plastik warna – warni (semua pilihan itu kembali pada tema dan desain yang Anda sukai). Atur kembali letak batu – batu koral pada stepping stone (jalan setapak yang ada di halaman rumah). Potong dan rapikan rerumputan yang tampak berantakan.

Cara lain untuk mempercantik tampilan hunian Anda adalah dengan memperbarui warna cat tembok pada dinding tempat tinggal Anda. Cobalah mencocokkan warna bagian luar dengan warna – warna yang masih senada dengan warna di bagian dalam tempat tinggal Anda. Anda juga dapar menerapkan warna aksen pada bingkai jendela dan pintu. Jangan lupa untuk sedikit berani memberikan kontras yang lebih pada tampilan luar tempat tinggal Anda, selain akan mempercantik juga akan membuat hunian terasa lebih atraktif dan berkarakter.

Selain itu, berikan sedikit perhatian pada pencahayaan dan tata letak lampu di bagia luar hunian Anda, terutama untuk lampu hias. Pilihlah lampu hias yang hemat energi serta memiliki warna yang pas dengan tema desain keseluruhan hunian Anda. Pemilihan warna lampu yang tepat akan memberikan nuansa yang sangat berbeda pada saat senja dan malam hari.

Hal terakhir yang tidak kalah penting ketika berbicara soal eksterior rumah adalah saluran air atau selokan. Bersihkanlah selokan di depan hunian Anda, jangan sampai ada penyumbatan. Dengan saluran pembuangan yang lancar, akan mengurangi jumlah nyamuk dan yang terpenting mengurangi resiko banjir saat musim penghujan datang. Rumah yang nyaman tentu tidak saja enak dipandang tapi juga membuat Anda sekeluarga betah berlama – lama menikmati kebersamaan sekeluarga.

0 komentar:

Post a Comment