Saturday, May 07, 2011

Eksotika Lampu Hias

Lampu bukan hanya sarana penerangan namun sudah berkembang menjadi penambah nilai estetika. Beragam bentuk dan model dapat dipilih sesuai kebutuhan.

SEPERTI perkembangan fashion yang selalu up to date dan berganti model, lampu kini juga mengalami hal serupa. Selain fungsi utamanya sebagai sarana penerangan, lampu juga bermanfaat menambah nilai estetika ruangan. Begitulah fungsi lampu hias. Beragam lampu hias ada di pasaran dan bisa disesuaikan dengan desain dan besarnya sebuah ruangan.

Sebuah rumah tidak akan pernah lepas dari penerangan. Bentuk rumah dengan halaman yang luas maupun minimalis akan sangat memiliki arti bila sarana penerangannya memadai dan tepat. Model lampu hias dan bentuk pencahayaan akan sangat menentukan eksotika rumah.

Banyak model lampu hias yang tersedia, misalnya lampu taman, lampu ruangan, lampu di pojok rumah, lampu di ruang tamu, hingga lampu kamar. Lampu hias pun dibutuhkan di rumah maupun di kantor. Bahan lampu hias pun beraneka ragam, ada yang terbuat dari kaca, kristal, maupun lampu hias sederhana berbingkai bambu. Harga lampu hias pun variatif. Jangan khawatir, harga lampu hias bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Wandi, salah seorang penjual lampu hias, menyatakan bahwa bentuk lampu hias yang dia jual beraneka ragam, mulai bentuk minimalis sampai bentuk paling mewah. “Saat ini bentuk minimalis paling disukai. Model lampu hias dengan bentuk kotak, bulat, atau bentuk lain sangat disukai,” jelasnya kepada Berita Kota, beberapa waktu lalu.

Lampu hias dengan bentuk lampu gantung juga disukai. Model lampu gantung memang cocok untuk setiap ruangan rumah. Lampu hias jenis ini cocok dipajang di ruang besr maupun kecil. “Lampu hias gantung paling banyak dipilih karena dapat menghiasi ruangan rumah. Lampu hias gantung juga bisa disesuaikan dengan bentuk atau ukuran ruangan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, lampu hias taman pun mulai dicari karena sekarang ini banyak orang yang memiliki taman di areal rumah. “Banyak rumah saat ini yang memiliki halaman luas. Sebagian halaman itu kemudian dijadikan taman. Nah, tentu mereka butuh lampu hias taman,” ujarnya.

Harga lampu hias, lanjut Wandi, beraneka ragam, mulai Rp150 ribu sampai jutaan rupiah. “Harga lampu hias bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan masing-masing,” jelasnya.

Pilih Sesuai Bentuk Ruangan
MENATA ruangan tak lepas akan lepas dari unsur penerangan. Untuk itu, lampu hias sangat dibutuhkan. Paling tidak, lampu hias harus disesuaikan dengan besarnya ruangan yang tersedianya. Namun, tak hanya bentuk lampu yang harus diperhatikan. Model lampu hias pun harus dipertimbangkan.

Iwan, salah seorang penggemar lampu hias, menyebutkan bahwa lampu hias memang sangat dibutuhkan. Selain untuk menerangan ruangan, juga untuk menghias meja atau pojok ruangan. “Bagi saya, untuk penerangan ruangan memang dibutuhkan lampu hias. Pemilihan lampu hias juga harus disesuaikan dengan besar dan kecilnya ruangan,” jelasnya.

Dia menyatakan, untuk rumah yang cukup luas dibutuhkan lampu hias minimalis. Lampu hias yang cocok adalah lampu hias dari kaca. “Lampu hias kaca itu sangat pas dipakai di ruangan apa pun, baik ruangan luas maupun ruangan sangat luas. Dengan lampu hias kaca, penerangan yang dihasilkan sangat baik,” ungkapnya.

Lampu hias dari rotan tidak terlalu cocok dipasang di ruangan karena penerangan yang dihasilkan agak kurang. Refleksi lampu juga tdiak maksimal. “Saya lebih senang model lampu hias kaca karena penerangan cahayanya lebih baik. Kalau lampu hias rotan, pencahayaannya kurang,” ujarnya.

Dia menyebutkan, untuk ruangan-ruangan yang membutuhkan sinar terang seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan, bisa dimilih lampu hias yang berwarna kuning atau putih. Untuk menghasilkan kesan dramatis misalnya di kamar tidur, bisa digunakan lampu hias yang menghasilkan warna kebiruan. “Warna kebiruan bisa memberikan rasa nyaman saat tidur,” jelasnya.

Hal serupa diungkapkan Nuri, salah seorang ibu rumah tangga yang menyukai lampu hias. Menurut Nuri, semua ruangan di rumahnya dipasang lampu untuk menghasilkan penerangan memadai. “Saya suka kalau setiap ruangan itu terang-benderang. Karena itu, setiap pojokan ruangan pasti ada lampu hiasnya,” ungkapnya.

Nuri menyukai model dan bahan lampu hias minimalis dari kaca dengan bentuk berbagai variasi. Tak pelak, rumahnya dihiasi berbagai bentuk lampu hias, mulai kotak, persegi, sampai bulat. “Dari sekian banyak model lampu hias itu, saya menyimpulkan bahwa lampu hias kaca memang pas untuk ruangan apa pun,” jelasnya.

Tak hanya di pojok ruangan, lampu hias gantung pun dipasang di ruang tamu. Tentu, Nuri memilih lampu hias unik yang terbuat dari kristal atau kaca biasa. “Lampu hias gantung pun bagus bila diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Selain sebagai hiasan, lampu gantung unik juga bisa menerangi seluruh ruangan,” ujarnya.

Selain desain rumah, penggunaan lampu hias sebaiknya juga memperhitungkan besar-kecilnya ruangan. Misalnya, ruangan mungil lebih baik menggunakan lampu hias berukuran tidak terlalu besar. Untuk menghemat tempat dan menambah terang, bisa digunakan lampu yang menempel di plafon (downlight).

TIPS PERAWATAN LAMPU HIAS
PERAWATAN KAP LAMPU
1. Perlu diingat, kain kap lampu mudah menyerap debu. Oleh karena itu, sebaiknya kap lampu dibersihkan setiap dua minggu.
2. Bersihkan kap lampu cukup dengan air sabun. Kain kap dibasahi dan disikat dengan sikat berbulu lembut.
3. Jangan pernah merendam kap lampu dalam air sabun karena akan merusak kain.
4. Setelah dicuci, sebaiknya kap lampu dikeringkan secara alami.
5. Hindari pancaran sinar matahari langsung karena dapat merusak kain dan cat pada kayu.

PERAWATAN KAYU LAMPU
1. Untuk perawatan kayu lampu, cukup gunakan lap untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kayu.
2. Sebaiknya menggunakan lap basah untuk mengangkat kotoran yang melekat pada kayu. Sebaliknya, lap kering digunakan jika ingin membersihkan debu.
3. Kayu dudukan lampu juga bisa dibersihkan dengan cairan khusus yang tersedia di toko.

PEMILIHAN BAHAN & BOHLAM
1. Sebagai penambah nilai estetika, lampu hias atau lampu kerajinan sebaiknya menggunakan material yang cukup baik. Ada banyak pilihan untuk lampu hias selain kaca dan kristal, yakni plastik, gabus, stainless steel, dan bahan alami seperti rotan atau dedaunan.
2. Pilih bohlam lampu dari bahan berkualitas, hemat energi, sistem pemasangan mudah, ringan, dan sesuai dengan estetika.

CATATAN TAMBAHAN
Untuk perawatan lampu hias, cukup bersihkan dengan lap kering yang halus atau kemoceng. Jika lampu hias terbuat dari bahan kaca dan dapat dilepaskan, cuci dengan air dan sedikit sabun lalu keringkan setiap bagian dengan hati-hati agar tidak tergores atau pecah.
(sumber :beritakota.co.id)

0 komentar:

Post a Comment